This Way

Pages

Monday 21 May 2012

Pendakian Gunung Singgalang dengan Mapala Sungkai dan Sakai


Indahnya Alam dari Atas Cadas Gunung Singgalang
Eksotik Gunung Singgalang memang tidak diragukan lagi. Dengan keaneka­ragaman satwa dan pesona alam yang disajikannya, gu­nung yang memiliki keting­gian 2.877 Mdpl ini mampu memanjakan para pecinta alam untuk menikmati ke­indahan alam atas karunia Tuhan Yang Maha Esa. Begitu pula dengan Tim dari Universitas Riau (UR) yang terdiri atas Tim Bantuan Medis (TBM) dari Kedokteran, Mapala Sungkai dari Pertanian dan Mapala Sakai dari FISIP juga tertarik untuk menikmati keindahan dari Gunung Singgalang terutama kemolekan dari Telaga Dewi yang ada di puncak Gunung Singgalang. 

Shelter 2 (Sumber mata air 2) Gunung Singgalang
Tim dari UR beranggotakan 9 orang, 7 orang dari TBM yaitu Alfan, Idham, Anggi, Randa, Sukamto, Wina, Sherly, Oki dari Sungkai, dan Siti dari Sakai Tim berangkat dari pekanbaru pukul  20.40 tanggal 17 May 2012, dan sampai di samping tower stasiun TVRI, RCTI, dan metro TV Pandai Sikek pukul 03.00,18 May 2012. Di sini Tim bertemu dengan Mapala IAIN dan bermalam di pondok samping tower sambil menikmati hangatnya api unggun di ketinggian sekitar 1700 DPL untuk menikmati keindahan sunrise yang menakjubkan dari balik Gu­nung Merapi paginya. Paginya pukul 07.47,18 May, Tim melanjutkan pendakian dari Tower ke Puncak. Pendakian akan lebih terasa berat karena akan di rintangi oleh hutan Pimpiang yang mengharuskan para pendaki sekali-kali untuk menunduk dan merayap. Di perjalanan Tim mengalami beberapa kali perhentian untuk makan, cari sumber air, dan istirahat. Langkah demi Langkah Shelter 1(Sumber mata air 1) pun terlewati. Tiba di Shelter 2 (Sumber mata air 2), tim makan siang di Shelter 2.
Perjalanan saat melewati hutan Pimpiang
Makan siang di Shelter 2
 Sesudah makan siang, Tim melanjutkan rute perjalanan yang menanjak sampai ke cadas, dengan kemiringan rata-rata 45 derajat. Makin ke puncak anda akan menemukan ba­nyak pohon pakis yang cantik dan melewati trek yang agak lembab dan hutan yang masih asri. Tim sampai di cadas pukul 13.30.
Indahnya Alam dari arah bawah Cadas Gunung Singgalang
Tim melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Singgalang dan sampai di puncak pukul 14.45. Tim beristirahat kemudian dibagi kerja untuk membangun tenda, menyiapkan makan malam, mencari kayu bakar untuk api unggun malam nantinya.
Makan malam di puncak Gunung Singgalang

Hangatnya api unggun saat malam hari di Puncak Singgalang.. Euuyy!!


Setelah menikmati makan malam, Tim kemudian menghidupkan api unggun sambil menikmati hembusan angin  dingin nan sejuk di malam hari. Hujan pun turun pukul 21.00 dan Tim pun masuk ke tenda dan istirahat untuk perjalanan besok paginya.
TBM FK UR di Telaga Dewi Puncak Singalang.. JAYA!! JAYA !! JAYA!!!
Besok paginya, Tim sarapan kemudian foto-foto dan melanjutkan perjalanan untuk turun ke bawah pukul 08.35, 19 May 2012. dan sampai di Tower pukul 12.10.

Ditunggu pendakian selanjutnya saudaraku!!

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih anda telah memberi komentar